Karena Kita Tak Pernah Tau, Dari Mulut Siapa Doa Terkabul

"Catatan ini saya salin dari teman kuliah saya Verawati HI 97 UMY, dulu aktif di UKM Bahasa Inggris dan pernah jadi Ketua Student English Activity (SEA - UMY)


Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)

Itu salah satu ayat yang pernah ku baca, dan kuyakini kebenarannya. Dan keyakinan itu juga yang membuatku ketar-ketir ketika masa pencarian jodoh tiba, kira-kira sepuluh tahun silam. Pasalnya...aku ngerasa masih jauuh dari kriteria "wanita baik" dalam ayat diatas. Shalat secukupnya, ngaji ala kadarnya, puasa senin kamis..? wah..jangan ditanya..(eh, jangan ditiru ya...). Jadi..aku lumayan kuatir, kalo belum sempet memperbaiki diri, eh..udah datang takdirnya ketemu jodoh. Pasti ntar dapetnya yang kurang lebih sama. Padahal aku ngarep banget bakal dapet suami yang lebih oke segalanya, yang bisa jadi imam, bertanggung jawab, gemar menabung, bisa diajak kondangan, de el el..

Dan tibalah masa itu....

Diluar dugaanku, ndilalah..eh..maksudnya Alhamdulillah banget...kok Allah kasih aku suami yang baiknya masya Allah..,beyond my expectation..
Suami yang membuatku berniat untuk mengabdikan diri dengan sepenuh hati. Suami yang membuatku bersyukur setiap saat. Suami yang dengan sigap bangun dari tidur nyenyaknya di tengah malam, karena istrinya pengen nasi goreng, padahal nggak lagi ngidam, dan masa honeymoon dah lewat jauh.
Suami yang....udah ah.., detailnya nggak usah diceritain ya...ntar dikira pamer, hehe...

Awalnya aku heran dan terus berfikir..kok bisa ya...? kok aku dapet jodoh yang oke banget, padahal akunya biasa aja. Sampai pada suatu hari, tiba-tiba aku teringat pada sebuah peristiwa dimasa silam, begini ceritanya ;

Pas jaman kuliah dulu, naik bis jurusan lampung - jogja merupakan sebuah rutinitas yang kulakoni tiap lebaran dan liburan. Sampe sopir dan keneknya pada hapal. Pada suatu perjalanan ke jogja sehabis liburan, aku duduk di sebelah suami istri dengan dua anak balita. Yang satu masih bayi,umurnya sekitar 6 bulan, satu lagi kira-kira dua tahunan lah. Ditengah perjalanan, tiba-tiba sang bayi cry bombay..,rupanya dia sakit perut dan kena diare. Karena rada blepotan,(maaf ya..) Sang ibu terpaksa harus membawa si bayi itu ke toilet yang ada di dalam bis bagian belakang. Masalahnya..nggak mudah untuk membersihkan bayi di dalam toilet bis yang goyang-goyang mulu, (yg pernah naik bis antar propinsi pasti bs ngebayangin), apalagi bayinya lagi rewel. Harus ada seseorang yang bantu megangin sang bayi, sementara si ibu membilas. Sang ayah berniat membantu, tapi si kakak nangis histeris nggak mau ditinggal. Penumpang lain mulai terlihat jutek dan menggerutu karena bis jadi berisik dan bau. Kebayang kan betapa bingungnya sepasang suami istri itu.
Karena kesian, aku menawarkan diri membantu si ibu sang ibu, bayinya gak mau kupegangin, jadi aku yg bagian bilas-bilas. Alhamdulilah, kekisruhan tersebut berakhir dengan happy ending.
Sepasang suami istri itu ngerasa sangat terbantu dan berterimakasih ( padahal mah, cuma segitu ajah yah..?), dan disela-sela obrolan, mereka berkata " mbak belum nikah kan ya..? kami doakan, nanti mbak dapet jodoh yang terbaik..", tuluuus banget ngomongnya, aku sampe terharu,hiks..!

Setiap orang tua pasti selalu mendoakan jodoh terbaik untuk anak-anaknya, tapi setelah ku fikir-fikir, kalo setiap doa orang tua terkabul dengan mudahnya, pasti nggak bakal ada cerita KDRT dan perceraian di dunia ini.

Karena itu, tanpa menafikan peran orang tua yang pasti juga selalu berdoa untuk jodoh terbaikku, aku percaya bahwa doa sepasang suami istri tersebut telah menjadi faktor tambahan, kenapa Allah kasih aku jodoh yang terbaik.

Suamiku, dengan segala kebaikan yang menyertainya, menjadi salah satu support terbaik yang membuatku terus bersemangat untuk menebar manfaat bagi sesama.
Walopun, semua yang kulakukan ini lillahita'ala, tapi teteup..aku bahagia tiap mendengar untaian do'a yang terlantun dari setiap mulut yang tertuju padaku. Karena kita tidak pernah tau, dari mulut siapa doa terkabul.

*tulisan ini sebagai ganti sebait puisi indah
  untuk suamiku tercinta
  untuk 9 tahun pernikahan yang indah

eh, yg tahun lalu kayaknya masih kesimpen deh, sekalian taro disini ya, biar gak ilang..

8 years ago
u re sent, as an answer to ma prayer, from up above
started to share our dreams together
bout a small house with 3 little angels inside
started to write the story bout this long journey
not only about the tears,sorrow n pain..
but how we face it together
i thank God everyday, to have someone like u
and i want u to know.,
until today...u still take ma breath away..

By Verawati

3 komentar:

Anonim mengatakan...

until today... u still take ma breath away..

Unknown mengatakan...

Bahagianya.. Mupeng dehh

Fran mengatakan...

You and I were never be apart..

Touching nih story nya..
Mbaknya demen Shania Twain kayaknya :D

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.